close
Paket Rumah Tinggal

4 Komponen untuk Melindungi Rumah Tinggal dari Kerusakan Petir

Penangkal Petir Rumah

Penangkal Petir Rumah Tinggal – Bukan rahasia lagi bahwa tempat teraman untuk tinggal selama badai petir adalah di dalam ruangan. Bahkan, rumah atau struktur penting lainnya seperti gedung kantor berfungsi sebagai perlindungan terbaik dari sambaran petir. Namun, tidak ada rumah tempat tinggal yang kebal terhadap ancaman kerusakan sambaran petir. Karena lebih banyak teknologi ditambahkan ke rumah-rumah hunian (bayangkan TV, komputer, sistem alarm atau peralatan), risiko pemogokan dan lonjakan listrik yang terjadi pada pemilik rumah meningkat. Sementara metode seperti pelindung lonjakan arus dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada interior rumah, sistem proteksi petir melindungi seluruh struktur yang di dalam dan luar.

Untuk memastikan rumah tempat tinggal terlindung dari dampak kerusakan sambaran petir, kontrak tempat tinggal harus mempertimbangkan empat komponen sistem proteksi petir.

Penilaian Risiko Sambaran Petir untuk Rumah Tinggal

Beberapa rumah memiliki peluang lebih tinggi untuk menarik petir daripada yang lain. Yakni, peluang ditingkatkan berdasarkan ketinggian dan kedekatan dengan rumah-rumah lain. (Kedekatan jarak didefinisikan sebagai dalam jarak tiga kali ketinggian rumah)

Gunakan tolak ukur penilaian risiko di bawah ini untuk menentukan seberapa rentan rumah tinggal terhadap sambaran petir:

  • Risiko rendah : Tempat tinggal satu tingkat yang dikelilingi oleh rumah-rumah lain dengan ketinggian yang sama.
  • Risiko menengah : Rumah tingkat ganda yang dikelilingi oleh rumah-rumah dengan ketinggian yang sama atau rumah tingkat-tunggal yang dikelilingi oleh rumah-rumah dengan ketinggian yang lebih kecil.
  • Risiko tinggi : Rumah terisolasi yang tidak dikelilingi oleh struktur lain, atau rumah dua tingkat yang dikelilingi oleh rumah dengan ketinggian lebih kecil.

Penangkal Petir Rumah

Tidak peduli kemungkinan sambaran petir, bila digunakan dengan benar, empat komponen di bawah ini akan membantu melindungi rumah hunian dari kerusakan.

Instal Sistem Perlindungan Petir dengan Keempat Bagian Penting Ini :

1. Terminal Udara

Struktur dengan probabilitas tinggi sambaran petir memerlukan terminal udara, karena fungsi komponen ini adalah untuk menangkap sambaran. Berdasarkan pada bentuk dan ukuran struktur, ingat aturan desain ini dalam pikiran:

  • Tempatkan terminal udara lebih tinggi dari proyeksi atap, seperti cerobong asap.
  • Perpanjang terminal setidaknya 20 inci di atas garis atap.
  • Brace semua terminal udara yang tingginya lebih dari 24 inci.
  • Pasang terminal udara dalam dua kaki dari punggungan atap atau dalam dua kaki dari tepi luar atau sudut di atap datar.

2. Konduktor yang Menghubungkan

Konduktor bekerja bersama dengan terminal udara untuk mengarahkan jalur listrik sambaran petir ke tanah, bukan ke struktur. Di rumah tinggal, ikuti tips pemasangan ini:

  • Pasang konduktor dari atap ke permukaan tanah.
  • Ingat gunakan pelindung tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus sambaran.
  • Saat memilih konduktor yang tepat, pahami bahwa produk tersebut dapat berupa tembaga atau aluminium.

3. Perlindungan Peralatan Listrik

Sementara sambaran petir langsung ke bagian luar rumah bisa menjadi yang paling dahsyat, kerusakan pada peralatan listrik juga mungkin terjadi. Bahkan pemogokan yang beberapa ratus kaki jauhnya dapat memicu lonjakan listrik ke saluran listrik atau telepon, CCTV, atau saluran konduktif lain yang masuk seperti TV kabel atau parabola.

Pasang pelindung lonjakan bawaan pada panel listrik untuk melindungi peralatan listrik di dalam rumah.

4. Sistem Pengardean

Sistem pembumian diperlukan di rumah tempat tinggal agar sambaran petir dapat dikeluarkan ke tanah. Sistem pentanahan biasanya mencakup batang pentan berikat tembaga yang dipasang di tanah.

Pasang Penangkal Petir

Saat memasang sistem pentanahan proteksi petir di rumah, ikuti persyaratan ini:

  • Elektroda pembumian harus memiliki diameter setidaknya setengah inci dengan panjang delapan kaki.
  • Dianjurkan untuk menggunakan elektroda berikat tembaga.
  • Jika tanah berbatu atau saluran servis bawah tanah melarang penggunaan elektroda vertikal, konduktor horizontal diperlukan. Itu harus dikubur setidaknya 18 inci di bawah tanah dan memanjang tidak kurang dari 12 kaki dari rumah.
  • Sistem pentanahan harus saling berhubungan menggunakan konduktor ukuran yang sama.
  • Ikatan interkoneksi diperlukan untuk semua sistem perpipaan logam bawah tanah, seperti pipa air atau gas, dalam jarak 25 kaki dari rumah.
  • Jika semua layanan sudah terikat sebelum pemasangan proteksi petir, hanya diperlukan untuk mengikat elektroda ground proteksi petir terdekat ke sistem pipa air.

Penangkal Petir Rumah Tinggal