Cara Menangani Sambaran Petir Langsung

Perangkat terminasi sambaran arus petir melayani fungsi sistem untuk menerima sambaran petir langsung. Mereka mewakili payung terhadap penetralisasi petir ke bahan bangunan non-konduktif untuk menjaga dari kebakaran atau ledakan. Benda logam 3/16 ”tebal atau lebih yang memproyeksikan di atas struktur akan menerima sambaran petir tanpa terbakar. Oleh karena itu, dalam beberapa kasus elemen konstruksi dapat dimasukkan sebagai penerima sambaran. Tiang tinggi atau kabel pentanahan yang serupa dengan perlindungan saluran transmisi daya dapat berfungsi sebagai penerima sambaran. Namun, dalam banyak kasus, terminal udara tujuan khusus kecil merupakan mayoritas sistem penerima sambaran. Komponen-komponen yang tidak mencolok ini lebih disukai untuk kemudahan pemasangan dan alasan estetika, dan dapat dikoordinasikan ke dalam konfigurasi yang paling efektif untuk semua konstruksi bangunan tipikal.Pasang Penangkal Petir

bola bergulir

Suasana di sekitar kita bermuatan listrik, tetapi udara bebas mempertahankan distribusi ion yang relatif seimbang. Ketika kita menaikkan bangunan ke udara, pohon atau bahkan orang ke tingkat yang lebih rendah, kita mengubah keseimbangan listrik itu. Medan listrik terakumulasi untuk mengubah titik dalam geometri benda yang dipasang di tanah. Barang-barang seperti punggungan dan terutama punggungan ujung, tepi bangunan beratap datar dan bahkan sudut menjadi titik akumulasi untuk ion yang meningkatkan kerentanan terhadap lampiran petir. Sistem perangkat pemutusan mogok yang tepat memperhitungkan kenyataan ini dengan menggunakan terminal udara dalam pola yang dikonfigurasi yang dirancang untuk menggunakan titik akumulasi ionik alami bangunan untuk menarik petir ke dalam sistem perlindungan. Semakin tinggi struktur dan semakin parah perubahan planar (seperti dinding vertikal ke atap datar horisontal), semakin besar peluang untuk melekat pada persimpangan kritis ini.

Merancang sistem terminal udara yang memproyeksikan hanya 10 inci di atas titik-titik penekanan struktural ini dan di sepanjang punggung dan tepi telah terbukti, dalam lebih dari satu abad latihan, untuk memberikan intersepsi sekitar 95% dari kilatan petir yang direkam, termasuk yang paling kejam. Beberapa potensi sambaran petir yang lebih rendah secara teoritis dapat melekat pada bidang datar yang jauh dari pemutusan mogok yang dirancang untuk Standar, tetapi konsekuensinya berada dalam batas yang dapat diterima untuk konstruksi biasa. Mengingat tingkat energi yang lebih rendah yang diperlukan untuk memotong, komponen pembumian struktural lainnya termasuk dalam sistem proteksi petir lengkap, dan kemungkinan acak untuk koneksi dengan komponen sistem, metode perlindungan bangunan ini dianggap paling efisien.

Cara Menangani Sambaran Petir Langsung

PetirMelindungi elemen bangunan tertinggi yang paling menonjol dengan perangkat terminasi pemogokan, berdasarkan pada geometri bangunan, juga memberikan beberapa tingkat perlindungan untuk ekstensi struktur yang lebih rendah, atau item dalam “bayangan” dari area yang dilindungi sepenuhnya lebih tinggi. Ada zona perlindungan dari perangkat pemogokan mogok vertikal dan lebih dari itu dari tingkat bangunan vertikal yang sepenuhnya dilindungi. Zona perlindungan dijelaskan dalam Standar petir menggunakan model bola radius 150 kaki (46 meter) untuk mengidentifikasi barang-barang di bawah perlindungan elemen sistem yang lebih tinggi atau membangun ekstensi ke jarak yang membutuhkan perlindungan lebih lanjut dengan terminal tambahan pemogokan. Ini seperti menggulirkan bola berdiameter 300 kaki (92 meter) dari tingkat ke atas dan kemudian melewati sebuah bangunan ke tingkat kelas yang berlawanan di setiap arah yang memungkinkan. Jika bola menyentuh bahan bangunan yang terisolasi, maka terminal pemogokan tambahan ditambahkan. Area yang didukung oleh terminal pemogokan, terminal pemogokan dan kemiringan, dan dinding vertikal kemudian di bawah perlindungan elemen sistem yang dirancang dengan benar. Model geometris ini untuk melindungi struktur total didasarkan pada langkah terakhir dalam proses pemasangan petir, dan sekali lagi mencakup lebih dari 90% dari serangan yang mungkin terjadi. Pada struktur yang lebih kritis, seperti yang mengandung bahan peledak atau cairan dan uap yang mudah terbakar, model dikurangi menjadi bola radius 100 kaki (30 meter) yang mencakup lebih dari 98% dari sambaran petir yang tercatat.Pasang Penangkal Petir Surabaya

semua busur

Sistem terminasi sambaran mempertahankan struktur terhadap attachment petir dengan memberikan poin attachment yang disukai. Terminal udara tembaga atau aluminium lebih disukai dalam banyak kasus berdasarkan konduktivitas dan kesesuaiannya dengan paparan cuaca. Elemen bangunan metalik terkemuka yang memenuhi syarat juga dapat melayani fungsinya. Dalam keadaan khusus di mana petir tidak dapat menembus, penggunaan tiang tinggi dan kabel ground overhead yang digunakan dalam model zona tereduksi dapat memberikan perlindungan tambahan. Melindungi hal-hal seperti standar pencahayaan atau pohon dapat memberikan perlindungan area berdasarkan model zona. Konfigurasi desain pemutusan sambaran adalah elemen kunci pertama yang menyediakan sistem proteksi petir lengkap.