Grounding Penangkal Petir Yang Baik Dan Benar

grounding penangkal petirGrounding Penangkal Petir Yang Baik Dan Benar – Sistem pentanahan atau biasa disebut sebagai grounding adalah sistem pengamanan terhadap perangkat-perangkat yang mempergunakan listrik sebagai sumber tenaga, dari lonjakan listrik, petir dll. Grounding system atau grounding penangkal petir adalah suatu perangkat instalasi yang berfungsi untuk melepaskan arus petir kedalam bumi, salah satu kegunaannya untuk melepas muatan arus petir. Membuat grounding penangkal petir itu pekerjaan yang susah-susah gampang. Kenapa bisa begitu ?
Menjadi susah jika tidak mengetahui cara membuat grounding yang benar sehingga berfungsi dengan baik. Sebelumnya untuk mudah dipahami, grounding yaitu sebagai media penghantar antara instrumen elektronik dengan media netral, yaitu tanah. Jadi posisi grounding berada di tengah. Karena itu komponen dan konstruksinya harus sesuai dan berfungsi dengan baik.

Standart kelayakan grounding atau pembumian harus bisa memiliki nilai tahanan sebaran resistansi maksimal 5 Ohm. Material grounding penangkal petir atau anti petir dapat berupa batang tembaga, lempeng tembaga atau kerucut tembaga, semakin luas permukaan material grounding penangkal petir atau anti petir yang di tanam ke tanah maka resistansi akan semakin rendah atau semakin baik.

Grounding Penangkal Petir Yang Baik Dan Benar

Untuk mencapai nilai grounding penangkal petir atau anti petir tersebut, tidak semua areal bisa terpenuhi, karena ada beberapa aspek yang mempengaruhinya, yaitu :

  • Kadar air, bila air tanah dangkal atau musim penghujan maka nilai tahanan sebaran mudah didapatkan.
  • Mineral logam, kandungan mineral tanah sangat mempengaruhi tahanan sebaran atau resistansi karena jika tanah semakin banyak mengandung logam maka arus petir semakin mudah menghantarkan.
  • Derajat keasaman, semakin asam PH tanah maka arus petir semakin mudah menghantarkan.
  • Tekstur tanah, untuk tanah yang bertekstur pasir dan poros akan sulit untuk mendapatkan tahanan sebaran yang baik karena jenis tanah seperti ini air dan mineral akan mudah hanyut.

Pasang Penangkal Petir

Untuk yang paling mudah dan umum yaitu membuat grounding penangkal petir dengan tipe pasak. Disebut seperti ini dikarenakan bentuknya seperti pasak yang ditanam di tanah dengan posisi tegak lurus. Tipe grounding pasak cocok untuk tanah bersedimen tanah liat dan endapan lumpur. Untuk rincian material grounding tipe pasak ini adalah sebagai berikut :

  • Logam Pembumian, gunakan material yaitu : As Besi, As Tembaga (yang full tembaga, jangan yang banci) atau Pipa Galvanise yang ujung bawah dililit kabel BC sepanjang minimal 60 cm. Usahakan gunakan logam yang anti karat.
  • Kabel Penghantar, gunakan material yaitu : Kabel BC Minimal Penampang minimal 50 mm (FULL, bukan banci). Di bawah itu tidak menjamin berfungsi dengan baik.
  • Koneksi ke instrumen eletronik, gunakan material yaitu : skoen, mudah dilepas dan diganti jika rusak. Beli bus bar dari lempeng tembaga sebagai terminal bonding.
  • Memperkecil resistan tanah, gunakan material yaitu bentonit, hanya sebagai opsi, lebih baik tidak karena resistan tanah yang asli jauh lebih baik.
  • Pipa PVC, yang digunakan sebagai selubung (konduit) dari kabel grounding yang ditanam dalam dinding / tembok atau untuk jalur kabel BC dari penangkal petir (konduktor).

Mitra Penangkal Petir – 081221111605