Mengapa Harus Pasang Penangkal Petir ?

Pasang Penangkal Petir

Pasang Penangkal Petir Radius Hub: 081221111605 – Petir atau Bledek siapa yang tidak takut dengan peristiwa alamiah ini. Petir, kilat atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan.

Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara (340 m/s) dan kecepatan cahaya (300.000.000 m/s).

Petir memang sangat berbahaya bagi yang dikenainya hingga dapat membuat kehilangan nyawa. Namun petir diciptakan dengan tujuan untuk membuang muatan elektron yang berlebih melalui udara untuk mencapai kesetimbangan.

Mengapa Harus Pasang Penangkal Petir ?

Fakta Menarik Tentang Petir

  • Di seluruh dunia terjadi sekitar 14 juta petir per tahun atau 40.000 petir per hari, terutama di musim hujan dengan intensitas air hujan yang besar.
  • Petir biasanya berakhir hanya 15 sampai 30 menit setelah dimulai, namun badai lain mungkin baru mulai di daerah yang sama.
  • Kekuatan petir yang pernah tercatat yakni mulai dari ribuan ampere sampai 200.000 ampere. Angka ini setara dengan kekuatan yang dibutuhkan untuk menyalakan 500 ribu lampu bohlam 100 watt.
  • Meskipun arus petir hanya sesaat, kira-kira selama 200 mikro-detik tapi kerusakan yang ditimbulkan sangat luar biasa. Efek dari serangan langsung sangat jelas terlihat, mulai dari kerusakan bangunan, kebakaran, sampai bahaya kematian bagi manusia.
  • Daerah Cibinong, di timur Jakarta, tercatat oleh Guinness Book of Record dengan jumlah petir terbanyak, yaitu 322 petir setahun.

Indonesia termasuk negara yang memiliki kepadatan sambaran petir yang tertinggi, karena berada di daerah tropis dan dikelilingi lautan. Selain Afrika Tengah dan Lembah Sungai Arizona Indonesia termasuk diantara tiga daerah petir terbesar di dunia.

Bagaimana Petir Terjadi ?

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya.

Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara.

Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir.

Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan. Tidak ada yang mampu merubah situasi ini. Mengingat akibat sambaran petir cukup berbahaya, maka muncullah usaha untuk dapat mengatasi sambaran petir. Penangkal petir atau yang biasa disebut dengan Lightning Protection dapat dipasang pada hampir semua bangunan, dimana memiliki fungsi untuk meminimalkan atau mencegah risiko bahaya yang terjadi serta kerusakan di bumi yang diakibatkan oleh petir.

Dalam teknik penangkal petir dikelompokkan menjadi:

  • Sistem untuk penangkal petir Konvensional.
  • Sistem untuk penangkal petir Elektrostatik.

Apa Itu Penangkal Petir Dan Apa Saja Jenis Penangkal Petir Secara Umum?

Lightning Protection ini ada dua jenis secara umumnya seperti di bawah ini:

Sistem untuk penangkal petir Konvensional

Sistem ini memakai ujung metal bentuk runcing untuk pengumpul muatan serta ditaruh pada tempat tinggi dengan tujuan petir diusahakan menyambar ujung dari metal tersebut saat muncul.

Sistem ini mempunyai kelemahan dimana ternyata sistem dari penyaluran arus untuk petir menuju tanah tidak berjalan dengan baik tentu ada kemungkinan timbulnya kerusakan di peralatan elektronik dimana memang sangat peka untuk medan transien.

Sistem untuk penangkal petir Tipe Elektrostatik

Penangkal Petir Radius

Penangkal petir tipe elektrostatik adalah pengembangan pada penangkal petir jenis konvensional.  Pada prinsipnya sama, yaitu sebagai tameng atau perisai yang mengambil alih sambaran petir.

Perbedaannya terletak pada bagaimana cara mengalihkan sambaran petir tersebut. Prinsip penangkal petir elektrostatik didasarkan pada ion-ion yang dihasilkan oleh dua elektroda pada ujung penangkal petir.

Sebenarnya ada banyak sekali detil penjelasan perbedaan perlindungan dari sambaran petir. Tentunya, untuk info lebih mendetail, Anda bisa langsung mengunjungi situs yang telah disematkan di akhir artikel ini. Disana ada banyak sekali informasi yang membuat banyak pertimbangan mengapa lightning protection sangatlah penting.

Bahkan, disana juga dikatakan lightning protection elektrostatik mungkin juga mempunyai perlindungan yang lebih efektif dibandingkan dengan penangkal petir konvensional.